Kawal Debat Kandidat Pilgub DKI Jakarta, Polda Metro Jaya Kerahkan 1.700 Personel

13 Januari 2017 18:06
Kapolda dan Waka Polda Metro Jaya Monitoring Kesiapan Pengamanan Debat Perdana Pilgub DKI Jakarta 2017. (foto: ist)

JAKARTA, INIKATA.com – Polda Metro Jaya mengerahkan 1700 personel untuk mengamankan acara debat pertama Pilgub DKI Jakarta 2017 yang berlangsung hari ini, Jumat (13-01-2017).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan, mengecek langsung lokasi penyelenggaraan debat perdana yang akan digelar di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan ini.

“Kami pastikan aparat keamanan siap untuk mengawal debat dengan aman, tertib, dan nyaman. Jumlah tim keamanan yang kita turunkan ada 1700. Kita juga ada backup dari TNI dan juga pihak pengaman terkait lainnya,” terang Irjen Pol M Iriawan, dilansir tribrata news.

Selain pengamanan di dalam dan luar ruangan, ditempatkan juga personel untuk mengatur lalu-lintas di sekitar Hotel Bidakara. Mengingat debat pertama Pilgub DKI ini bertepatan dengan jam pulang kantor.

“Jadi lagi jam padat sekali, tapi itu ring terluar, itu tugas petugas yang ada di jalan untuk mengawasi lalu-lintas dan mengurai kemacetan,” kata Irjen Pol M Iriawan.

Pada debat pertama ini, diatur hanya 100 orang pendukung dari masing-masing calon yang diperbolehkan masuk ke ruangan.
Polisi akan memisahkan pendukung tiap calon di luar ruangan. Pendukung juga diminta tidak membawa atribut berlebihan.

“Jadi nanti pendukung paslon tidak bertemu. Posisinya akan berjauhan, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Irjen Pol M Irawan.

Sementara itu, debat pertama calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI akan digelar mulai pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tiga pasang cagub-cawagub yang akan ikut adalah paslon nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, paslon nomor urut 2 yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan paslon nomor urut 3 adalah Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (**)